berbagi resep kuliner Indonesia

kuliner-antripembeli

Tips Memulai usaha kuliner yang ramai pembeli

Posted by blogku on 2022/11/07

 Usaha kuliner ramai pembeli

Mengelola  usaha kuliner ramai pembeli merupakan dambaan setiap pelaku bisnis kuliner, dimanapun berada. Karena ini merupakan cermin kesuksesan dalam mengelola sebuah usaha kuliner yang sedang trending saat ini. Segala upaya harus dilakukan demi bisnis kuliner makin berkembang dan bisa mencapai level usaha kuliner sukses ramai pembeli.

Memulai usaha kuliner 

Untuk memulai terjun dalam usaha  kuliner dilakukan melalui beberapa tahapan: 

1.Menentukan Menu Kuliner 

Untuk menentukan menu kuliner yang dipilih biasanya  dilakukan melalui survey pemasaran terhadap produk yang potensial laku. Tujuannya  mengumpulkan data yang relevan  terkait  pangsa pasar dan kompetitor yang ada untuk produk tersebut. Singkatnya survey dilakukan  untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut:

Apakah produk sesuai untuk segmen pasar setempat, seberapa besar  pembeli potensial disana dan melihat tingkat persaingan dengan kompetitor lain (produk sejenis). Dari sinilah Kita bisa menentukan apakah produk kuliner Kita layak dibuka dan berpotensi sukses, atau malah sebaliknya.
Pelaku bisnis yang sudah mapan keberadaannya bahkan melakukan survey dengan metode yang lebih canggih sehingga informasi yang dihimpun lebih akurat untuk pengambilan keputusan, ini yang umumnya diterapkan oleh penjual merek dagang sistim waralaba (franchise). Bila Kita perhatikan belum semua pelaku usaha melakukannya, ada juga yang membuka usaha bersifat coba-coba (trial & error) hanya mengandalkan kemampuan  bersaing dengan kompetitor yang umumnya dilakukan oleh pelaku usaha kecil atau usaha rumahan
Salah satu cara praktis yang bisa  dilakukan untuk menjadi pelaku usaha pemula adalah  dengan membeli franchise kuliner yang ada karena produknya sudah  dikenal publik, dukungan promosi dan pemasaran online yang sudah tersedia. Kita hanya perlu menyiapkan modal dan tempat  saja.

Banyak cara yang bisa dipilih dalam berbisnis kuliner, walau tidak ada jaminan untuk keberhasilan suatu usaha diwaktu mendatang untuk menjadi usaha kuliner sukses. Masih banyak faktor berpengaruh dalam perjalanan membangun usaha. 

Bisnis kuliner menjadi salah satu bidang yang dipilih karena  kuliner   salah satu bisnis yang tidak ada matinya dan selalu berkembang. Kita hanya butuh strategi pemasaran dan pengelolaan usaha yang tepat, ditambah kesabaran dan keuletan dalam berusaha, niscaya  bisa dicapai hasil maksimal. Hal yang tidak kalah penting dalam mengelola bisnis   adalah pengalaman karena dengan semakin banyaknya pengalaman yang kita miliki, akan semakin mudah melakukan inovasi pemasaran supaya usaha kuliner lebih maju.

 

 

 

 


2.Promosi Produk

Setelah berhasil membuka usaha kuliner, langkah selanjutnya adalah memajukan usaha tersebut. Jika membuka usaha adalah hal yang cukup sulit, maka mengelolanya dan memajukannya  tidak kalah sulitnya. Banyak sekali contoh usaha kuliner yang bermunculan tetapi tidak bisa bertahan lama dan hanya musiman saja. Tentunya kita tidak ingin memiliki usaha seumur jagung saja. Untuk itu harus terus berinovasi dalam memajukan usaha. Salah satu cara yang harus dilakukan yaitu dengan promosi.

Saat ini promosi menjadi alat pemasaran yang ampuh. Apapun jenis usaha kita selalu memerlukan promosi. Dengan promosi, publik akan mengenal produk yang kita pasarkan. Beberapa metode  promosi yang relevan untuk usaha kuliner diantaranya :
  • menyiapkan design banner unik dan menarik.
  • Usaha Kita juga perlu trade mark supaya terlihat tampil menarik, beda atau punya keunikan tersendiri dalam pandangan konsumen dan juga  mencerminkan  profesionalitas bisnis Kita.
  • mendesign tempat usaha  semenarik mungkin untuk menarik calon konsumen yang melihatnya. Saat ini banyak sekali contoh design unik untuk usaha kuliner yang ada. Mulai dari gerobak pinggir jalan sampai model kafe teras yang unik dan menarik.
  • membagikan  selebaran (leaflet)  kepada publik dilingkungannya  sebagai calon pembeli potensial bilamana perlu. Saat ini cara promosi ini mungkin sudah banyak ditinggalkan dan beralih lewat  sosial media yang dipandang lebih praktis.  
  • promosi dengan memberikan diskon khusus  kepada pelanggan misalnya dengan voucher belanja, atau program promo lainnya seperti melalui event lounching produk. Apabila sudah memakai sistim  online, promosi dengan pemberian discount ini adalah hal yang umum dilakukan. 
 
 
 
 
 
 
 
Promosi di atas umumnya dilakukan secara langsung terhadap gerai / produk kita dengan tujuan memperkenalkan produk kita kepada publik,  arti sebenarnya kita tantang pembeli yang baru mencoba produk kuliner kita bahwa cita rasa kuliner kita adalah the best dan dijamin tidak ada kata kecewa" Bila proses ini berjalan, Kita bisa berharap:
  • Konsumen langgeng menjadi pelanggan setia produk Kita.
  • Konsumen berperan dalam promosi secara tidak langsung

Promosi secara tidak langsung dilakukan oleh konsumen karena puas dengan produk Kita misal :  sajian kuliner, cita rasa yang lezat, pelayanan  dan kenyamanan tempat dan harga yang bersaing  serta nilai plus lainnya, biasanya secara tidak langsung konsumen bercerita kepada orang sekitar, mengenai bagaimana kelebihan / keunggulan produk kuliner Kita. Promosi ini  relatif lebih efektif dan dipandang ampuh dalam menarik pelanggan baru. Karena penilaian konsumen, dianggap lebih obyektif daripada iklan-iklan  yang Kita buat.

Kepuasan  konsumen harus menjadi prioritas dalam berbisnis, ingat prinsip: pembeli adalah raja. Tanpa pembeli, bisnis kita bukan apa-apa.

3.Jual Online, solusi promosi lebih luas  

Saat ini Kita diuntungkan dengan adanya sistem pemasaran online yang sudah memasyarakat, hampir semua sektor perdagangan barang dan jasa memanfaatkan sistem ini, tujuannya supaya menjangkau pangsa  pasar yang lebih luas. Pebisnis kuliner sekarang sudah mengandalkan sistem online dalam pemasarannya dan sukses menarik pelanggan lebih banyak. Banyak contoh produk kuliner khas Indonesia buatan pengusaha kecil Kita yang sukses bahkan bisa menembus pasar manca negara (mendunia) berkat metode pemasaran online yang dipilihnya  contoh nyata adalah usaha kuliner olahan daging asli Indonesia  "rendang daging"   sukses dan banyak menerima pasanan baik lokal maupun manca negara. Sebuah inovasi memang selalu diperlukan untuk memajukan usaha. Tentunya hal ini cukup menginspirasi Kita untuk selalu berusaha melakukan inovasi baik dalam menciptakan produk yang berkualitas, maupun inovasi dalam pemasarannya. Berbagai kemudahan diberikan oleh perusahaan- perusahaan besar yang bergerak di bisnis  market place untuk bergabung dalam pemasaran online produk mereka dan membantu dalam hal  promosi produk Kita.

Usaha kreatif  promosi juga harus Kita lakukan  secara mandiri misal dengan memanfaatkan blog atau website menjadi media promosi ( lewat blog)  seperti membuat toko online atau lewat sosial media yang  sedang trending saat ini seperti : facebook, IG atau tiktok bilamana perlu juga harus dilakukan.

Metode pemasaran  konvensional lainnya adalah dengan mengikuti event-event khusus, seperti pameran produk kuliner yang sering diadakan baik oleh instansi pemerintah daerah terkait  atau pihak swasta. Biasanya lewat koordinasi dinas perindustrian perdagangan atau koperasi tingkat kota madya dengan tujuan pengenalan produk kuliner dan industri kecil lainnya kepada masyarakat luas yang merupakan  calon pembeli potensial. Promosi memang memegang peran penting dalam bidang pemasaran suatu produk pada saat ini.

4.Ide Kreatif  dan Unik Promosi 

Model promosi  kreatif kekinian yang sering kali kita jumpai, adalah dengan menyajikan menu kuliner berlabel atau embel embel   unik yang terkadang terkesan  "ganjil" ditelinga,  seperti contoh berikut: 

Rawon Setan, Mie Akherat, Seblak Jahanam, Bakso Geledek,Es pocong 

Es kunti, Keripik Setan, Mie ayam jurig

Nama-nama menu makanan yang unik ini, salah satu trik bisnis kuliner yang bertujuan memancing penasaran konsumen dengan harapan mau  mencoba menu unik yang sedang trend kekinian. Jurus ini terkadang sukses juga menarik pelanggan baru, terbukti pembukaan beberapa gerai kuliner dengan sajian menu-menu unik diatas, selalu menyita perhatian konsumen dan  sukses menjadi kuliner antri pembeli saat ini. Model promosi ini cocok dilakukan untuk produk kuliner dengan segmen pasar orang muda, remaja dan anak-anak tetapi kurang pas untuk produk kuliner yang biasa dikonsumsi orang-orang dewasa yang biasanya lebih menyukai produk yang original.

Contoh usaha kuliner ramai       

Untuk membuktikan adanya kuliner ramai pembeli kekinian, Kita perlu sedikit waktu untuk berjalan-jalan sambil memperhatikan sekitar, usaha kuliner apa yang terbukti banyak diminati serta gerai makanan apa yang dipenuhi antrian pembeli. Nyatanya ada atau boleh dibilang banyak juga lho. Setiap sudut kota selalu saja punya  sajian menu kuliner yang khas, unik dan diserbu konsumen pecinta kuliner. Contoh yang menginspirasi kita, penjual kuliner berikut selalu antri pembeli, bagaimana model kulinernya ?

1.Mie Ayam 

Semua orang pernah merasakan kuliner olahan mie yang satu ini, bahkan mie & mie instan sudah menjadi makanan utama / makanan  sehari-hari di Indonesia, setelah nasi tentunya. Penjual mie ayam dengan pangsit, sangat mudah Kita jumpai dimana-mana, diantaranya menyajikan mie ayam dengan aneka rasa yang khas  seperti :  

  • mie ayam jamur (dengan campuran jamur  merang)
  • mie ayam daging (olahan daging cincang)
  • mie ayam pelangi (olahan mie herbal / warna-warni )
  • mie kocok (tekhnik khusus)
Umumnya mie ayam dijajakan di gerobak, tenda kakilima, kios atau  usaha makanan lesehan. Penjual mie ayam menjajakan dagangan secara tradisional dengan menunggu calon pembeli produk kulinernya. Mereka kebanyakan belum menerapkan promosi yang tertarget sebagaimana promosi modern saat ini.

Mie Ayam Viral kekinian 


Lalu bagaimana bila pembukaan restoran terkenal dengan menu  mie ayam sebagai andalannya yang melakukan dengan dibarengi promosi modern saat ini? 

Sebuah usaha kuliner ternama yang menyajikan olahan mie ayam dengan brand yang cukup terkenal di Indonesia mengadakan acara grand opening pada outlet barunya di daerah Jawa Barat, beberapa hal yang terlihat sepintas dari pengamatan adalah :

  • Restoran terlihat sangat ramai  pengunjung setiap harinya terutama pada jam-jam tertentu.
  • Umumnya didominasi penjualan secara online , terbukti dari area parkir yang selalu dipenuhi  antrian motor ojol yang memesan menu mie ayam dengan embel-embel "iblis neraka" dan  aneka minuman unik lainnya.
  • Sebagai catatan, harga  satu porsi mie ayam ini sangat terjangkau, bahkan lebih murah dari mie ayam gerobak keliling untuk  porsi yang sama. Dengan harga sepuluh ribu rupiah untuk satu porsi mie ayam kita bisa menghilangkan rasa penasaran dengan menu mie ayam viral ini.
usaha uliner ramai pembeli
  • Konsep lain yang ditawarkan yaitu kenyamanan tempatnya.
  • Tempat yang tersedia lumayan luas dan nyaman, sangat strategis,  tersedia juga  fasilitas wifi gratis bagi pengunjung
  • Pengunjung didominasi kalangan mahasiswa dan ibu-ibu yang merasa nyaman dengan suasana tempatnya dan betah berlama- lama ngobrol. 
Kondisi restoran yang antri pembeli ini pada gilirannya adalah salah satu bentuk promosi tidak langsung, publik yang penasaran merupakan salah satu target pembeli potensial suatu produk .

2.Nasi Uduk Betawi

Nasi Uduk selalu identik dengan menu untuk sarapan pagi (breakfast), menu nasi gurih dan lauk ala kadarnya ini rasanya pas untuk sekedar mengisi perut pagi-pagi. Begitu populernya menu asli betawi ini, hingga di setiap gang pada pagi hari selalu ada saja penjualnya, seperti menu wajib bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Nasi Uduk Viral ?   

Nasi uduk ternyata juga bisa menjadi menu kuliner viral yang diburu pembeli. Tentunya dengan menambahkan inovasi dalam penyajian dan rasa. Nasi uduk dengan  "resep khusus" tentu menjadi berbeda  rasanya, apalagi dihidangkan saat hangat-hangat dengan lauk khas pelengkap seperti: ayam kampung goreng renyah, biasanya dipilih  ayam yang  masih muda sehingga rasa gurihnya khas. Pelengkap sajian lainnya seperti  lalapan selada, timun, kemangi, tahu/tempe goreng dan  sambal kacang yang khas. Biasanya disajikan hangat-hangat pada sore hari  menjelang malam. Banyak sekali antrian pembeli sajian ini, walaupun hanya berjualan di tenda kakilima pada sore hari, pembelinya (dari berbagai kalangan) rela antri untuk menikmati sajian khas betawi ini.

3.Bakso Malang 

Bakso Malang yang berjualan dengan gerobak mangkal di salah satu tempat wisata di Kota Depok, Jawa Barat adalah salah satu contoh menu kuliner ramai pembeli. Walaupun hanya dengan gerobak kaki lima, tapi pembeli selalu antri sejak buka. Bakso Malang yang punya rasa khas  ini, satu porsi dibanderol hanya sepuluh sampai dua belas ribu rupiah saja dan sudah cukup mengenyangkan perut kita. Bagi pengunjung tempat wisata di daerah itu sudah sangat mengenal Bakso Malang ini. Salah satu yang menarik bagi konsumen adalah harganya yang tergolong murah dengan porsi yang mengenyangkan. Ditambah lokasinya di pinggiran danau yang strategis yang merupakan salah satu faktor pendukung menjadi menjadi usaha kuliner ramai pembeli. Masih banyak contoh usaha kuliner ramai pembeli lainnya sebagai inspirasi dalam bisnis kuliner yang bisa mencapai kesuksesan di masa depan. 

Kiranya masih banyak sekali jenis makanan tradisional Indonesia yang bisa diangkat  menjadi salah satu menu unggulan usaha kuliner ramai pembeli seperti:

  • Serabi tradisional yang sedikit diberi sentuhan varian rasa : coklat, vanilla, keju, oreo dll.
  • Aneka minuman boba dengan berbagai rasa unik dan menarik
  • Pisang goreng dengan aneka rasa misal: pisang bolen, pisang molen, pisang kipas, pisang tanduk goreng, pisang keju, coklat, pisang nugget dll. 
  • Singkong dengan aneka resep olahannya, seperti Singkong keju, keripik singkong pedas dll.

 

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

Related Posts

November 07, 2022

0 comments:

Posting Komentar